Rabu, 26 November 2014

Trik Copy Artikel Yang Memakai Script Anti Copy Paste

Saya banyak melihat blog yang memasang script copy paste. Mungkin tujuan mereka tidak ingin artikel mereka di copy tanpa izin di blog lain. Mereka banyak memasang script yang tidak membolehkan klik kanan, select, atau bahkan ada yang menonaktifkan view-source blog mereka. Saya pernah merasa kesulitan & jengkel ketika ingin menyimpan sebuah gambar secara langsung dengan klik kanan save as, membuka link ke tab baru yang memakai klik kanan open new tab. Saya bergumam sedikit “Huhhh Ribet bener sih pake script anti copas segala, kan jadi ga bisa buka link new tab dll. Kayak gua bakalan copas artikel lu aja”. Tapi saya berfikir mungkin mereka mau melindungi artikel mereka dari copaser jahat. Lalu ampuhkan script copy paste tersebut ?
Saya akan jelaskan sedikit opini saya ketika mengunjungi blog yang mempunyai script anti copy paste. Jika blog tersebut hanya tidak mengijinkan klik kanan, saya bisa saja select all terlebih dahulu, lalu saya copy dengan shortcut CTRL + C untuk Windows & Command + C untuk Mac. Jika blog tersebut tidak mengijinjan select all dengan mouse, saya palingan lihat source codenya CTRL + U / Command + U (Mozilla Firefox) atau memakai shortcut CTRL + A untuk Windows & Command A untuk Mac. Lalu ketika di Paste di Notepad, Saya ambil bagian artikelnya :D.
Jika shortcut juga di nonaktifin bagaimana ? Saya buka source codenya dengan cara menambahkan view-source: (Mozilla Firefox) sebelum alamat blognya. Contohnya view-source:http://www.nurulimam.com/themes/. Jika view-source: juga di nonaktifkan bagaimana ? Anda bisa menggunakan CTRL + SHIFT + K / Commannd + Option + K untuk membuka Web Console Bawaan Mozilla Firefox. Jika tidak bisa ? Bisa saja dengan menyimpan halaman blog tersebut CTRL + S / Command + S atau bisa juga klik menu bar Edit lalu Save Page As (Mozilla Firefox). Jika dinonaktifkan juga ? Coba cari Tool convert Web / HTML to Doc / PDF. Jika tidak bisa juga ? Solusi terbaik cari orang disekeliling anda untuk mengetikkan artikel tersebut secara manual di blog anda :D.
Jadi menurut saya masih kurang ampuh, Ada yang menyisipkan artikel dengan CSS content, tetep aja bisa di copy lihat cssnya. Tapi bisa saja kita protect cssnya dengan php, tapi artikel tidak SEO Friendly karena berada dalam CSS yang berarti stylesheet bukan dokumen teks seperti HTML. Jika anda mencari cara ampuh tapi tidak memperdulikan SEO & Tidak mau ribet coding, anda bisa mempost artikel hanya dengan sebuah image yang mana image tersebut berisi artikel anda seperti halnya saya mempost sebuah source code dalam sebuah image di artikel Aplikasi Kalkulator Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar