Rabu, 28 Mei 2014

Instalasi Print Server Windows Server 2008 R2 (Versi Bahasa Indonesia)

Langkah pertama dalam menyiapkan server cetak Windows Server 2008 adalah menginstal peran Print Server. Hal ini dicapai dengan meluncurkan Server Manager, memilih Peran item dari pohon di sebelah kiri dan mengklik Tambahkan Peran. Dalam Menambahkan Peran Wisaya klik next pada layar Selamat Datang jika muncul dan kemudian pilih Print Services pilihan. Klik Next dan membaca informasi yang ditampilkan sebelum mengklik Next sekali lagi untuk melanjutkan ke Pilih Layanan Peran layar. Pada layar ini sejumlah pilihan layanan yang berbeda yang tersedia untuk seleksi dan instalasi seperti yang dijelaskan dalam tabel berikut:

pilihan 
deskripsi 
Print Server Menginstall server cetak dan konsol Cetak Manajemen. Ini merupakan prasyarat untuk mengkonfigurasi layanan cetak pada Windows Server 2008. 
LDP Layanan Menginstal TCP / IP Line Printer Daemon Service (LPDSV) memungkinkan UNIX, Linux dan Printer Jalur lainnya remote (LPR0) komputer berbasis untuk mencetak melalui server cetak. Pengaturan ini juga membuka pelabuhan di Windows Firewall. 
Internet Printing Menciptakan Internet Information Service (IIS) host situs web di mana pengguna dapat mengatur printer dan terhubung dan mencetak ke printer yang dibagi host di server menggunakan Internet Printing Protocol (IPP). URL default untuk situs web adalah http://servername/Printers, di mana ServerName adalah nama server yang menjalankan layanan cetak.

Dengan pilihan yang diperlukan dipilih, klik Next. Perhatikan bahwa jika Internet Printing terpilih dan peran IIS saat ini tidak dipasang di server, wizard akan meminta untuk menambahkan peran tambahan. Jika diminta, klik pada Add Diperlukan Peran Jasa tombol untuk melanjutkan. Klik Next pada setiap halaman informasi yang dapat ditampilkan sampai layar konfirmasi muncul. Setelah meninjau informasi ringkasan yang disediakan, klik Install untuk memulai proses instalasi.

Print Services Management Tools
Setelah layanan cetak terpasang sejumlah alat manajemen cetak sekarang tersedia pada sistem. Pertama dan terpenting adalah Manajemen Cetak snap-in yang dapat diakses melalui Start - > All Programs - > Administrative Tools - > Cetak Manajemen . Sebuah alat baris perintah yang berguna juga tersedia dalam bentuk cetak Backup Migrasi alat Recovery. Executable ini dinamai Printbrm.exe dan terletak di % SystemRoot % \ System32 \ Spool \ Tools.
Sejumlah alat VBScript berguna juga tersedia dalam % SystemRoot % \ System32 \ Printing_Admin_Scripts \ en -US (perhatikan bahwa jika Anda menggunakan bahasa selain en -US jalan perlu berubah sesuai ) . Script yang tersedia untuk mengkonfigurasi pengaturan printer ( prncfg.vbs ) , daftar dan mengelola driver printer ( prndrvr.vbs ) , mengelola pekerjaan cetak ( prnjobs.vbs ) , mengelola antrian cetak ( prnQctl.vbs ) , printer penerbitan untuk direktori aktif ( pubprn. vbs ) , menginstal dan mengelola printer ( prnmngr.vbs ) dan untuk mengelola TCP / IP port printer ( prnport.vbs ) .
The skrip dieksekusi menggunakan perintah cscript.exe dan ketika dijalankan tanpa opsi baris perintah akan menampilkan daftar pilihan yang didukung . Sebagai contoh:

cscript prnjobs.vbs

Microsoft (R) Windows Script Host Version 5.7
Copyright (C) Microsoft Corporation. All rights reserved.

Usage: prnjobs [-zmxl?] [-s server][-p printer][-j jobid][-u user name][-w password]

Arguments:
-j     - job id
-l     - list all jobs
-m     - resume the job
-p     - printer name
-s     - server name
-u     - user name
-w     - password
-x     - cancel the job
-z     - pause the job
-?     - display command usage

Examples:
prnjobs -z -p printer -j jobid
prnjobs -l -p printer
prnjobs -l

Menambahkan Printer Jaringan ke Print Server menggunakan Auto-mendeteksi
Jelas, server cetak tanpa printer tidak akan banyak berguna . Tidak mengherankan , oleh karena itu, langkah selanjutnya setelah menginstal Print Services adalah untuk menambahkan printer . Printer baik dapat jaringan berbasis , atau secara lokal terhubung ke server . Dalam kasus printer jaringan , ini dapat ditambahkan secara manual atau menggunakan auto - detection . Di bawah auto - detection , Manajemen Cetak scan subnet yang server berada dan mencari semua perangkat yang dapat mengidentifikasi sebagai printer . Sebagai printer yang terdeteksi pada jaringan mereka ditampilkan dalam daftar di mana mereka dapat dipilih dan ditambahkan ke server cetak .
Untuk menambahkan printer jaringan menggunakan auto - deteksi , membuka alat Manajemen Print via Start - > All Programs - > Administrative Tools - > Print Manajemen , terungkap Server Print dari daftar di sebelah kiri , klik kanan print server lokal atau remote untuk yang printer baru yang akan ditambahkan dan pilih Add printer .... ini akan menampilkan Jaringan Instalasi printer Wizard seperti yang digambarkan di bawah ini :

The Windows Server 2008 Network Printer Wizard

Dalam rangka untuk memiliki pencarian wizard untuk printer pada jaringan, pastikan bahwa Search for printer jaringan dipilih dan klik Next. Pada titik ini wizard akan memulai proses pemindaian jaringan untuk printer. Karena setiap printer terdeteksi itu akan tercantum. Pada contoh berikut, wizard telah mendeteksi HP Deskjet 5800 printer di jaringan dengan alamat IP dari 192.168.2.10:

Scanning for Network Printers

Jika tidak ada printer yang terdeteksi, pastikan bahwa printer terhubung ke jaringan dan dihidupkan dan berada di subnet yang sama dengan print server. Setelah pemindaian selesai, pilih printer yang diperlukan dari daftar dan klik Next untuk melanjutkan ke layar Printer Driver. Jika driver untuk printer tersebut telah terinstal, pilih dari daftar drop-down. Atau pilih opsi Install driver baru dan klik Next untuk melanjutkan ke layar Instalasi Printer di mana daftar produsen printer dan model disajikan. Pilih membuat dan model printer dari daftar:

Selecting the manufacturer and model of a Network Printer

Jika membuat dan model printer tidak terdaftar, memeriksa untuk melihat apakah printer disertakan dengan disk driver, atau apakah sopir dapat diperoleh dari situs web produsen. Dengan asumsi ini menjadi kasus, gunakan tombol Have Disk untuk mencari dan memilih driver produsen yang sesuai. Dengan baik printer yang dipilih dari daftar, atau driver yang cocok ditentukan, klik Next untuk mengkonfigurasi Nama Printer and Share Settings. Pada layar ini, masukkan nama yang printer baru akan dibagikan kepada klien melalui jaringan. Jika printer tidak untuk dibagikan, pastikan Share printer ini tidak dipilih. Juga, masukkan deskripsi lokasi (misalnya, "Printer di Accounts") dan komentar jika diinginkan. Klik Next untuk menampilkan layar summary printer seperti yang digambarkan di bawah ini di mana pengaturan yang dipilih disajikan untuk ditinjau:...

New network printer settings summary screen
Dengan asumsi ringkasan konfigurasi sudah benar, klik Next untuk menginstal printer baru. Pada titik ini wizard akan melaporkan bahwa pengemudi telah berhasil diinstal dan halaman percobaan siap untuk dicetak. Jika printer lain akan ditambahkan ke server print, pilih Add Printer Pilihan lain untuk menginstruksikan wizard untuk loop kembali ke awal proses instalasi.

Manual Menambahkan Printer Jaringan ke Print Server
Bagian sebelumnya membahas penggunaan auto - detection untuk mencari dan menginstal dan jaringan printer yang terpasang . Bagian ini akan mencakup instalasi manual dari printer jaringan . Seperti dengan auto - detection , mulai dengan menerapkan alat manajemen Print ( Start - > All Programs - > Administrative Tools - > Print Management) , terungkap kategori Print Server dari daftar di sebelah kiri , klik kanan print server lokal atau remote yang printer baru yang akan ditambahkan dan pilih Add printer .... ini akan meluncurkan Jaringan Instalasi printer Wizard . Pada halaman awal wizard pilih opsi berlabel Menambahkan TCP / IP atau Web Services Printer berdasarkan alamat IP atau nama host dan klik Next untuk melanjutkan ke layar Printer Alamat . Jika jenis printer yang diketahui ( TCP / IP perangkat atau Web Services Printer ) membuat pilihan yang tepat . Atau , biarkan pengaturan sebagai Auto Detect untuk memiliki wizard mengidentifikasi jenis printer . Masukkan alamat IP atau nama host printer yang akan ditambahkan ke server cetak . Wizard akan secara otomatis menghasilkan nama port yang unik untuk menemani alamat IP atau hostname . Pilihan ini juga disediakan untuk memiliki usaha wizard untuk mengidentifikasi driver yang sesuai untuk printer baru . Gambar berikut mengilustrasikan layar seperti yang dijelaskan :...

Configuring the IP address and port for a new network printer

Klik Next untuk menginstal driver printer. Jika driver untuk printer sudah diinstal pada server cetak, pilih dari daftar drop-down. Atau pilih opsi Install driver baru dan klik Next untuk melanjutkan ke layar Instalasi Printer di mana daftar produsen printer dan model disajikan. Pilih membuat dan model printer dari daftar, atau gunakan Have Disk untuk menginstal produsen disediakan sopir. 
Dengan salah satu printer yang dipilih, klik Next untuk mengkonfigurasi Nama Printer and Share Settings. Pada layar ini, masukkan nama yang printer baru akan dibagikan kepada klien melalui jaringan. Jika printer tidak untuk dibagikan, pastikan Share printer ini tidak dipilih. Juga, masukkan deskripsi lokasi (misalnya, "Color Printer Penjualan") dan komentar jika diinginkan. Klik Next untuk melakukan instalasi dan mencetak halaman uji opsional.

Menambahkan Printer Lokal Terhubung
Karena server umumnya diasingkan di iklim ruang server dikendalikan dan printer yang terletak di dekat dengan pengguna selalu tampaknya sedikit aneh untuk berbicara tentang menginstal printer dengan secara lokal terhubung ke server. Yang mengatakan, itu adalah topik yang perlu dibahas, dan menutupinya kita akan. 
Printer lokal akan terhubung ke server menggunakan serial (COM) pelabuhan, port paralel (LPT) atau Bus Serial (USB) Universal. Seringkali, Windows secara otomatis akan mendeteksi printer baru segera setelah tersambung dan menyala. Dalam situasi ini sebuah ikon akan muncul di task bar yang menunjukkan bahwa perangkat baru telah terdeteksi. Mengklik ikon ini menyajikan pilihan untuk melihat rincian tentang proses instalasi, sehingga penampilan dialog mirip dengan yang digambarkan di bawah ini, di mana printer Brother MFC-420CN telah terdeteksi dan sedang diinstal:

Windows Server 2008 Auto detecting and installing a USB printer

Setelah printer telah terinstal, kemungkinan akan perlu dikonfigurasi untuk berbagi jaringan. Untuk mencapai hal ini, meluncurkan alat Manajemen Print, pilih server cetak ke printer yang terhubung secara fisik dan klik Printers. Pusat panel alat akan menampilkan daftar printer yang diinstal pada server cetak saat ini. Identifikasi printer yang diperlukan dalam daftar, klik dua kali di atasnya untuk menampilkan dialog properti dan pilih tab Sharing:

Printer Share properties

If the printer is to be shared with network client, set the Share this printer check box and enter a suitable share name for the printer. This page also allows Client-side Rendering(CSR) to be configured. When selected, all rendering of print jobs is performed on the client and just the RAW print data sent to the server for printing. This offloads the rendering overhead to the client computers, thereby reducing the load, and increasing the scalability of the print server.
If Windows fails to auto-detect the printer it may be added manually from Print Management by right clicking on the print server to which the device is attached and selecting Add Printer.... On the initial screen select the Add new printer using an existing port and choose the port to which the printer is connected from the drop down list. Once selected, click Next to install a printer driver. If one is already installed, select it from the drop down next to the use an existing printer driver on the computer. Alternatively, select Install a new printer driver and either select the printer make and model from the list, or use the Have Disk to install the manufacturer supplied driver. Click Next to proceed to the Printer Name and Sharing screen. Choose whether the printer is to be shared and, if so, by what name. Proceed to the summary screen, review the information and complete the installation.
With a printer server configured and printers added the next step is to cover the management of printer servers on Windows Server 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar