Rabu, 28 Mei 2014

Menambah Printer Network di Ubuntu 12.10 (Quantal)

Printer tersambung di komputer desktop Windows dan diset sebagai shared printer, yang bisa digunakan bersama oleh beberapa komputer client. Akses ke printer jaringan tersebut dari desktop Ubuntu tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah.
Memang, GUI untuk menambah printer network dari Menu->System Tools->System Settingsmasih mempunyai bug untuk menambahkan printer jaringan. Pesan error muncul yang menyatakan bahwa daemon firewall tidak aktif:
FirewallD is not running. Network printer detection needs services mdns, ipp, ipp-client and samba client enabled on firewall.
Cara alternatif yang perlu dilakukan hanyalah menjalankan program konfigurasi printer versi lama (sudah terinstall di uBuntu). Untuk menjalankannya bisa dilakukan lewat konsole maupun dialog run (Alt+F2). Anda akan membutuhkan samba-client karena akan terhubung ke printer Windows menggunakan protokol Samba.

didik@myubuntu:~$ sudo aptitude install samba4-clients
The following NEW packages will be installed:
libdcerpc0{a} libgensec0{a} libhdb9-heimdal{a} libldb1{a} libndr-standard0{a} libndr0{a} libregistry0{a} libsamba-credentials0{a} libsamba-hostconfig0{a} libsamba-policy0{a} libsamba-util0{a} libsamdb0{a} libsmbclient-raw0{a} libtevent0{a} python-ldb{a} python-samba{a} python-talloc{a} python-tdb{a} samba-dsdb-modules{a} samba4-clients samba4-common-bin{a}
Jalankan program system-config-printer dari konsole:
didik@myubuntu:~$ sudo system-config-printer
Jendela konfigurasi printer ubuntu
Jendela konfigurasi printer ubuntu
Pilih Devices->Network Printer->Find Network Printer. Ketik alamat IP dari printer jaringan dan klik tombol Find untuk mencari printer yang di-share di alamat IP tersebut.
Menambah printer network
Menambah printer network
Pilih printer yang akan digunakan. Kemudian, pilih model dari daftar printer yang disediakan Ubuntu (hampir semua model terdaftar di jendela model printer).
Printer network terdeteksi
Printer network terdeteksi
Terdapat beberapa printer network
Terdapat beberapa printer network
Setelah selesai, Anda akan dapat menggunakan printer jaringan tersebut untuk mencetak dokumen dari aplikasi desktop uBuntu.
Printer telah siap digunakan
Printer telah siap digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar