Rabu, 30 April 2014

Perkenalan Tipe-tipe Windows Server 2008

Setelah sekian lama bergelut dengan teknologi dan dunia OSS, memang sudah waktunya ya sepertinya untuk menambah kesaktian dan pengetahuan di dunia IT. Sekarang ini saya mempunyai satu cita-cita menjadi seorang “avatar IT” yang dapat menguasai dengan baik teknologi server Open source dan server vendor khususnya Microsoft, tentunya dengan asumsi dan fakta yang saya alami sendiri pada pekerjaan di dunia nyata. Dimana saya memperoleh kesimpulan bahwa solusi IT itu tidak bisa bersifat generik, semuanya bergantung pada kebutuhan dan kemampuan klien.
Oiya,Tulisan ini secara resmi akan menjadi tulisan pertama saya yang membahas solusi teknologi dari Microsoft. :)
Sebagai awal saya akan mencoba menjelaskan macam-macam tipe edisi server Windows khususnya Windows server 2008

Windows Server 2008 Standard Edition
Windows Server 2008 Standard Edition adalah versi windows server yang ditargetkan untuk digunakan pada bisnis skala kecil sampai skala menengah. Versi ini adalah versi yang umumnya paling banyak dipakai pada kegiatan bisnis. Karakteristik dan fitur dari versi Windows server ini adalah :
  • Versi 32-bit (x86) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 4 GB. Memiliki support prosesor sampai dengan 4 prosesor.
  • Versi 64-bit (x64) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 32 GB Memiliki support prosesor sampai dengan 4 prosesor.
  • Mendukung fungsi Network Load Balancing clusters namun tidak mensupport failover clustering.
Fungsi dasar Windows server seperti domain controllerfile dan print server, DNS server, DHCP server, dan application server sudah bisa digunakan dan di-deploy pada versi ini.

Windows Server 2008 Enterprise Edition
 Windows Server 2008 Enterprise Edition adalah versi Windows server yang ditargetkan untuk digunakan pada bisnis skala besar.  Versi ini biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi khusus seperti  SQL Server 2008 Enterprise Edition (database server) dan Exchange Server 2007 (email server). Aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan performa prosesor dan RAM yang tinggi. Perbedaan versi ini dengan versi Windows server 2008 Standard Edition adalah:
■ Failover Clustering
Failover clustering adalah sebuah teknologi yang memungkinkan server lain untuk melanjutkan servis untuk klien jika terjadi fail/masalah pada server utama. Teknologi ini biasa diterapkan pada server yang bersifat mission-critical untuk memastikan resource dan servis berjalan jika terjadi gangguan.
■ Active Directory Federation Services (ADFS)
ADFS memungkinkan fitur identity federation, biasa digunakan oleh organisasi dengan banyak koneksi dan partner yang membutuhkan akses menuju resource lokal. Karakteristik dan fitur dari versi Windows server ini adalah :
  • Versi 32-bit (x86) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 64 GB. Memiliki support prosesor sampai dengan 8 prosesor.
  • Versi 64-bit (x64) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 2 TB. Memiliki support prosesor sampai dengan 8 prosesor..

Windows Server 2008 Datacenter Edition
Windows Server 2008 Datacenter Edition adalah versi windows server yang ditargetkan untuk digunakan pada bisnis skala sangat besar. Alasan utama untuk menggunakan Windows Server 2008 Datacenter Edition dibandingkan dengan Enterprise Edition adalah karena tersedianya lisensi virtual image yang tidak terbatas. Windows Server 2008 Datacenter Edition disarankan untuk digunakan pada organisasi yang menggunakan virtualisasi sebagai core technology dalam kegiatan sehari-harinya. Windows Server 2008 Datacenter Edition memiliki karakteristik dan fitur sebagai berikut :
  • Versi 32-bit (x86) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 64 GB. Memiliki support prosesor sampai dengan 32 prosesor.
  • Versi 64-bit (x64) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 2 TB. Memiliki support prosesor sampai dengan 64 prosesor.
  • Support failover clustering dan ADFS.
  • Unlimited virtual image rights.
Hal yang perlu diperhatikan dari Windows Server 2008 Datacenter Edition adalah  bahwa hanya tersedia melalui OEM manufacturer. Artinya jika kita berniat menggunakan versi ini, biasanya sudah sebelumnya memilih solusi hardware server yang dipilih. Hal lain adalah deployment versi ini membutuhkan investasi biaya yang besar.

Windows Web Server 2008
Windows Web Server 2008 adalah versi yang didesain khusus untuk fungsi Web applications server (aplikasi berbasis web). Fungsi umum lainnya, seperti Windows Deployment Server dan Active Directory Domain Services, tidak terdapat pada Windows Web Server 2008. Windows Web Server  memiliki karakteristik dan fitur sebagai berikut:
  • Versi 32-bit (x86) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 4 GB. Memiliki support prosesor sampai dengan 4 prosesor.
  • Versi 64-bit (x64) mendukung kemampuan RAM sampai dengan 32 GB. Memiliki support prosesor sampai dengan 4 prosesor.
  • Supports Network Load Balancing clusters.
Windows Web Server 2008 dapat di setel pada mode Server Core, yang juga akan membawa keuntungan karena meminimalkan resiko serangan dari luar sistem. Teknologi yang secara full didukung oleh versi server ini adalah framework ASP.NET dan bukan framework .NET .

Windows Server 2008 for Itanium-Based Systems
Edisi ini khusus dirancang untuk arsitektur prosesor Intel Itanium 64-bit , yang berbeda dengan arsitektur prosesor x64 seperti Intel Core 2 Duo atau AMD Turion. Versi ini adalah satu-satunya versi  Windows Server 2008 yang dapat diinstall pada komputer berprosesor Itanium. Baik fungsi application server dan Web server disediakan pada versi ini. Fungsi lain seperti virtualisasi dan Windows Deployment Services, tidak tersedia. Versi ini mendukung sampai 64 prosesor dan RAM sampai 2 TB.

Windows Server 2008 Server Core
 Server Core adalah sebuah versi stripped-down (minimal) dari Windows Server 2008. Versi ini tidak menyediakan full desktop, dan dimanage melalui command shell (mode text). Kita dapat mengatur komputer yang menjalankan Server Core secara remote melalui Microsoft Management Console (MMC). Kita juga dapat melakukan sesi Remote Desktop Protocol (RDP) ke komputer yang menjalankan Server Core. Keuntungan menggunakan versi ini adalah:
■Mengurangi Resiko Serangan
Dengan berkurangnya software dan service yang terdapat pada versi ini, maka potensi serangan akan semakin minimal tidak seperti pada sistem lengkap dengan desktop.
■Kebutuhan Hardware Rendah
Versi ini membutuhkan resource perangkat keras yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan pada Windows Server versi lainnya.
Oke mungkin cukup Sekian dulu mengenai teknologi Windows Server, semoga bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar